Menu
Assalamualaikum Wr, Wb Selamat Datang di website Yayasan Insan
Giat Doa Bersama dan Santunan Dilaksanakan Rutin Setiap Pekan Jumat

Tidak semua harta yang Anda Miliki Jadi Milikmu

Nov
16
2017
by : Sariman. Posted in : Dhuafa, Yatim

Yayasan insan- DI Indonesia, pengentasan kemiskinan adalah prioritas utama bagi pemerintah saat ini seperti membuat lapangan kerja baru, menyalurkan bantuan sosial tepat sasaran, memberikan beasiswa kepada anak-anak kurang mampu. Tapi pemerintah tak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan partisipasi dari masyarakat yaitu kita. Karena harta yang Anda dapatkan dari hasil keringat Anda sendiri dan secara halal bukan menjadi milikmu semua tapi juga bagi orang-orang lain ada hak untuk harta Anda. Orang-orang tersebut adalah orang-orang fakir miskin, anak yatim piatu, dan orang-orang dhuafa.

Kita hidup tidak sendiri tapi sosial dan kita tak bisa mencapai tujuan atau impian tanpa membutuhkan bantuan atau kerjasama dari pihak lain. Makanya kita tidak boleh kikir dari setiap penghasilan kita miliki dan mampu berikan sedekah atau menyumbangkan sebahagian harta ke jalan Allah. Apalagi bersikap sombong, sesungguhnya bagi orang sombong & kikir tempatnya di neraka dengan azab pedih. Yang tadi adalah siksaan waktu akhirat  sedangkan di dunia kita dikucilkan dari warga-warga sekitar dan sulit mendapat pergaulan yang bahagia. Setiap harta yang disumbangkan di jalan Allah dengan ikhlas akan menjadi pahala jariyah ketika meninggal nanti selain dari doa orang tua/anak dan ilmu yang kita sumbangkan. Tolong-menolong adalah sisi kodrat manusia untuk mencapai tujuan positif bersama.

Surah Al-Insan 

Harta itu hanya ujian dari Allah SWT untuk kaum muslim supaya bisa dipergunakan dengan cara yang benar dan sesuai tuntunan syar’i. Jika kita mengikuti tuntunan syar’I maka kita dijamin selamat di dunia dan akhirat. Hanya saja yang jadi permasalahan itu terletak pada diri kita bagaimana pelaksanaannya dan mencapainya. Setiap umat muslim untuk mencapai ridha ilahi memiliki jalan masing-masing untuk menunjukkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, mari manfaatkan harta yang kita miliki tidak hanya bermanfaat pada diri sendiri tapi juga bermanfaat bagi orang-orang sekitar. Misal, ada sepeda motor yang tidak bisa dipakai karena suatu hal kita sumbangkan bagi orang tidak mampu supaya memudahkan mencari rezeki dan pemberi tersebut akan mendapat pahala berlipat ganda dari Allah SWT.  by MF

Salurkan Donasi untuk yatim piatu melalui rekning peduli yatim yayasan insan

Facebook Comments

artikel lainnya Tidak semua harta yang Anda Miliki Jadi Milikmu

Thursday 26 April 2018 | Hadist, Yatim

Tidak Ada Dalil Mutlak Untuk Menyantuni Anak Yatim Pada Hari Asyura Saja Sekarang banyak tersebar keyakinan…

Saturday 1 April 2017 | Dermawan, Santunan, Yatim

Insan.or.id – Bekasi 31 Maret 2017 Dengan tema Mari kita tingkatkan  kepedulian  terhadap generasi emas bangsa, terlaksana…

Friday 7 April 2017 | Yatim

Menyakiti hati anak yatim dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kamu…

Saturday 18 March 2017 | Dermawan, Dhuafa, Yainsan, Yatim

INSAN.OR.ID – Jumat 17 Maret 2017 Alhamdulillah Terlaksana Santunan mingguan di hadiri 30 Anak yatim dari…

Pengunjung



Web
Analytics


Salurkan Donasi Rekening

NO REK: 1390 189 990
A/N : INDONESIA SEJAHTERA AMANAH

NO REK BRI: 0139-0101-8969-530
A/N : INDONESIA SEJAHTERA AMANAH

Jl. Bintara 14 Rt 05/09 No. 33 A Kel Bintara Kecamatan Bekasi Barat Kota Bekasi Kode Pos 17134
021-8945-2836
087884043332
insansiap@gmail.com Dan support@insan.or.id